Selamat Datang di Website Sekolah Indonesia Jeddah. Selamat Tahun Baru Islam 1435 H. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan taufik dan hidayah-Nya untuk kita semua.

Rabu, 14 November 2012

SENI TARI

Kegiatan Ekstrakurikuler Tari, banyak diminati oleh siswa-siswi Sekolah Indonesia Jeddah. Keragaman etnis asal-usul siswa dari berbagai suku di Indonesia yang bersekolah di Jeddah merupakan aset tersendiri bagi SIJ untuk menjadikan kondisi tersebut sebagai potensi dan kekuatan diplomasi budaya di Saudi Arabia.

Kebanyakan para siswa-siswi yang memilih ekskul Tari adalah pelajar SIJ tingkat TK, SD dan SMP. Selain itu tidak bisa di pungkiri bahwa untuk membentengi generasi muda dari arus globalisasi budaya serta menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme maka perlu dikenalkan akar budaya sendiri yang terbaik melalui seni daerah Indonesia.


Kesiapan dan kontinuitas latihan selalu menjadi bagian terpenting dalam ekskul ini, tidak hanya karena faktor "product" yang harus siap tampil dalam waktu relative singkat karena ada permintaan pada suatu acara di Residence KJRI Jeddah,  akan tetapi memang Seni Tari membutuhkan olah tubuh dan olah rasa yang dapat dimiliki dengan latihan menuju keterampilan indah sebuah karya seni. Beberapa tarian yang seringkali menjadi Primadona bagi para peserta ekskul ini adalah: Tari Piring, Tari Payung, Tari Saman, Tari Bali, Tari Persembahan, Tari Rampang 12, dll.

Beberapa ajang kegiatan yang sering diikuti ekskul tari SIJ antara lain: Acara Malam Diplomatik KJRI Jeddah, Apresiasi Budaya Indonesia di Jeddah, Festifal SIJ pada setiap HUT SIJ, Apresiasi Seni Sekolah Indonesia Luar Negeri, dan sebagainya. Berikut merupakan dokumentasi salah satu kegiatan unjuk kebolehan ketika diundang KBRI Riyadh dalam acara Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke 62 tahun 2007 yang banyak di kunjungi tamu-tamu.



Untuk memotivasi para peserta ekskul Tari di SIJ,maka setiap tahun diadakan Festival antar kelompok Tari diantara para siswa-siswi SIJ dalam rangkaian kegiatan tertentu.(Tiar)

PEMBINA :
1. Fahliah M. Syarf untuk SMP dan SMA
2. Fatimah tingkat SD


0 komentar:

Posting Komentar