Selamat Datang di Website Sekolah Indonesia Jeddah. Selamat Tahun Baru Islam 1435 H. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan taufik dan hidayah-Nya untuk kita semua.

Sabtu, 09 Februari 2013

WORKSHOP LESSON STUDY

Untuk yang pertama kalinya, workshop Lesson Study diselenggarakan di Sekolah Indonesia Jeddah. Workshop yang bertemakan "Ciptakan Pembelajaran Menarik dan Menyenangkan" ini terselenggara berkat Bantuan Sosial bidang Pendidikan Dasar Kemendikbud tahun 2012.
Workshop ini dilaksanakan dari tanggal 8-15 Februari 2013, dihadiri oleh hampir semua guru SIJ kecuali dua orang yang berhalangan hadir dikarenakan ada halangan.

Menjadi narasumber pada workshop ini adalah Bapak Masduki, S.Pd.,M.Pd. dan Bapak Drs.Jauhari Efendi, MM. Presentasi Pak Masduki lebih fokus pada materi Apa dan Mengapa Lesson Study sedangkan Pak Jauhari ke Bagaimana Implementasi Lesson Study. "Sangat menarik dan sangat bermanfaat mengikuti workshop ini", itulah sepenggal komentar beberapa peserta workshop. Presentasi Pak Masduki yang dimulai dengan Warming-up beberapa pertanyaan Benar atau Salah terkait dengan tema Apa dan Mengapa Lesson Study rupanya membuat banyak peserta workshop tercengang akan kelirunya opini mereka terkait dengan Lesson Study. Bagaimana cara mengimplementasikan kegiatana Lesson Study itu sendiri dibahas secara rinci oleh Pak Jauhari yang dimulai dengan "Plan, do and see" dan ditutup dengan sajian dokumentasi foto-foto pengalaman beliau saat pembinaan profesi guru di Kalimantan. Tertarik untuk mengetahui presentasi narasumber, silakan download aja.

Adapun agenda/kegiatan workshop yang dilalui oleh peserta workshop adalah sebagai berikut:
1. Perencanaan Pembelajaran yang dibuat secara kolaboratif, 8 Februari 2013
2. Pelaksanaan Pembelajaran, antara tanggal 10-13 Februari 2013
3. Refleksi Lesson Study, 15 Februari 2013

1 komentar:

  1. Selamat kepada Pendidik!!,,,semoga dengan adanya workshop ini menjadi motivasi membangun pendidikan yg lebih bagus dan berkualitas bagi SIJ sendiri khususnya, dan seluruh satuan pendidikan Indonesia.

    BalasHapus